Minggu, 14 September 2014

Tahukah Anda Tentang Penyakit Kista?

Unknown   at  08.50  No comments



Mungkin Anda saat ini sedang mencari informasi tentang apa itu Penyakit Kista? Berikut kami sajikan ulasannya untuk Anda.

Tentang Penyakit Kista dan Gejala Penyakit Kista


Kista merupakan suatu penyakit yang berhubungan dengan organ penting kewanitaan yaitu ovarium. Itulah beberapa anggapan yang muncul bagi sebagian orang. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya kista itu tidak hanya terdapat dalam ovarium saja?

Kista sebenarnya merupakan tumor di dalam tubuh. Bentuknya bisa seperti kapsul dan berisi cairan. Kalo diibaratkan seperti sebuah balon yang di dalamnya di isi air. Begitulah beberapa fakta yang kami kuti dari dr Irfan Mulyana Mustofa, SpOG, dari RSUD Leuwiliang Bogor seperti dilansir dalam detikHealth (10/12/2013).

Lebih lanjut dr.Irfan menjelaskan bahwa kista tidak hanya spesifik di dinding rahim (kandungan) saja. Namun bisa juga terdapat pada kandung telur atau indung telur baik pada bagian kiri dan kanan. Jadi dikatakan kista jika salah bagian indung telur itu ada yang berubah jadi benjolan atau tumor yang berisi cairan.

Bagaimana Kista Terbentuk?


Kista pada dasarnya muncul karena terbentuknya benjolan yang berasal dari sel kelenjar. Kista bisa muncul di beberapa anggota tubuh, misalnya di dinding vagina. Kista semacam ini bersifat bawaan karena perkembangan biologis sisa pembentukan saluran kandungan. Kista juga bisa muncul di bibir kemaluan karena adanya kelenjar bartolini.Jika bukan dari kelenjar maka itu dinamakan Tumor, misalnya saja di otak.


Kista adalah kelainan berupa tumor yang berisi cairan. Kalau kista ovarium berarti ada tumor berisi cairan dari organ ovarium. Kista tidak  hanya terjadi di indung telur atau ovarium saja. Semua organ tubuh bisa saja ada tumor misalnya di otak.Demikianlah yang diungkapkan oleh ydr Sita Ayu Arumi, SpOG dari RSU Bunda Jakarta.


Kista Ganas dan Kista Non-Ganas


Kista sendiri ada yang bersifat ganas dan ada juga yang tidak. Kista yang jinak termasuk dalam Non neoplastik. Misalnya kista fungsional yaitu sel telur yang membesar dan tidak pecah tapi biasanya hilang sendiri. Kista ini diakibatkan karena paparan hormon misalnya saat orang hamil atau saat fase setelah menstruasi. Jadi secara umum kista di ovarium tidak berhubungan dengan keganasan.

Sedangkan untuk kista ganas termasuk dalam Neoplastik dan biasanya sudah menuju ke kanker. Untuk melihat kemungkinan ganas tidaknya biasanya dokter akan melihat terlebih dahulu apakan pasien sudah menopause atau belum. Jika sudah menopause berarti risiko menuju ke arah keganasan makin besar. Namun tidak berarti yang belum menopause tidak mungkin jadi ganas.

Cara Mengetahui Tingkat Keganasan Kista

Cara mengetahui tingkat keganasan kista dapat melalui pemeriksaan darah dengan Ca-125 atau biasa disebut tumor marker. Ini merupakan tanda khas dari kanker ovarium dilihat keganasan epitelnya bukan kelenjarnya lagi. Kalau di atas 35, berarti sudah menuju ke arah ganas.

Cara lainnya yaitu dengan melihat gambaran fisik dari USG apakah misal kista berlobus atau sebagian berisi cairan atau padat apa ada penimbunan cairan. Makin banyak abnormalitas dari poin-poin itu berarti makin ke arah ganas. Demikianlah yang dipaparkan dr Irfan dalam kesempatannya diwawancari oleh detikHealth.com

Demikainlah artikel kami tentang Penyakit Kista.  Anda bisa membaca artikel kami yang lain seputar Kista yang tentunya akan sangat bermanfaat untuk Anda.

Semoga bermanfaat..

About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

© Maret 2014 Tanaman Obat. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.