Sabtu, 20 September 2014

Tanaman Obat Herbal: Pulutan (Urena Lobata L) dan Khasiatnya

Unknown   at  22.16  1 comment

Tanaman Obat  Herbal: Pulutan (Urena Lobata L) dan Khasiatnya

Tanaman Obat – Pulutan yang memiliki nama ilmiah/latin Urena Lobata L. merupakan tanaman yang tumbuh liar disekitar pekarangan rumah, kebun atau pun sawah. Tanaman pulutan ini sekarang masih menjadi tanaman yang belum dimanfaatkan oleh masyrakat banyak sebagai obat herbal. Hal ini karena kurangnya pengetahuan masyarakat akan pentingnya manfaat dan khasiat tanaman pulutan untuk kesehatan. Padahal, jika kita mau mengolahnya maka tanaman pulutan ini akan sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit yang kita derita.


Sebelum kita membahas mengenai manfaat tanaman pulutan ini, ada baiknya kita mengetahui dulu tentang tanaman obat yang satu ini.

Kalsifikasi Ilmiah
Kerajaan     :Plantae
(tidak termasuk) Eudicots
(tidak termasuk)  Rosids
Ordo          : Malvales
Famili         : Malvaceae
Upafamili    : Malvoideae
Bangsa       : Hibisceae
Genus        : Urena
Spesies       : U. lobata
Nama binomial : Urena lobata L.

Nama Lokal Pulutan
Selain memiliki nama ilmiah, Tanaman obat pulutan juga memiliki nama local sesuai daerahnya masing-masing. Di Indonesia sendiri pulutan memiliki banyak nama local diantaranya:
Pungpulutan; Pungpurutan; Legetan; Polot; Kaporata; pulutan, pulutan kebo, legetan (Jawa), pulutan sapi, pungpurutan (Sunda); Polot (Madura), Kapuhak, kaporata (Sumba); Bejak, kakamomoko, kokomomoko (Halmahera); Taba toko (Ternate); Tao hum (China).;

Deskripsi Tanaman Pulutan

Tanaman pulutan termasuk dalam tanaman perdu dengan tinggi sekitar 1-2 meter, memiliki batang berkayu, berbulu, dan berwarna ungu. Tanaman ini memiliki daun tunggal berlekuk menjari 3,5 atau 7, tumbuh berseling, panjang 3 – 8 cm, lebar 1 – 6 cm, tepi bergigi, warna daun bagian atas hijau, bagian bawah hijau muda, pangkal daun membulat, ujung runcing.

Selain itu juga memiliki bunga tunggal yang tumbuh di ketiak daun, warna agak ungu. Buahnya berbentuk bulat agak kotak berwarna hijau (muda) dan cokelat (tua), penampang ± 5 mm, berambut seperti sikat, beruang 5, tiap ruangan berisi 1 biji.

Habitat Tanaman Pulutan

Tanaman pulutan dapat tumbuh pada tanah sedikit cahaya matahari, tidak lembab pada dataran rendah hingga 1750 m dpl

Kandungan kimia dan efek farmakologis

Pulutan adalah tanaman yang memiliki rasa manis, tawar dan bersifat sejuk. Bahan kimia yang terkandung dalam batang dan pulutan diantaranya zat lendir, sedangkan bijinya mengandung lemak 3-14 %.  Efek farmakologis pulutan di antaranya sebagai penurun panas, anti radang (Antiinflamasi), Antirematik; Hemostatik; Antipiretik.

Perbanyakan dan perawatan tumbuhan

Untuk membudidaya tanaman pulutan adapat dilakukan dengan biji. Pulutan kemudian disiram air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya dan dipupuk dengan pupuk dasar. Tumbuhan ini memerlukan cukup sinar matahari atau sedikit terlindung.

Bagian tumbuhan yang digunakan

Untuk dijadikan tanaman obat, bagian tanaman yang digunakan: Akar, bunga, daun atau hampir seluruh bagian tanaman. Pemakaian bisa dalam keadaan segar atau sudah dikeringkan. Untuk penggunaan bisa dengan diminum atau ditempel pada bagian anggota tubuh yang sakit.

Khasiat dan Manfaat Pulutan

Beberapa khasiat dan manfaat pulutan baik akar, bunga, daun, batang dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati beberapa macam penyakit. seperti:
1.    Penyakit Influenza
2.    Demam
3.    Disentri
4.    Diare
5.    Rheumatic
6.    Gondok
7.    Keputihan
8.    Kencing keruh
9.    Bengkak
10.    Koreng berdarah
11.    Bisul
12.    Gigitan ular
13.    Keseleo
14.    Memar
15.    Peluruh dahak
16.    Memudahkan kontraksi saat kelahiran
17.    Sakit perut

Demikianlah informasi seputar Tanaman Obat  Herbal: Pulutan (Urena Lobata L) dan Khasiatnya.
Tentunya ini akan sangat bermanfaat untuk keluarga dan sahabat Anda, jadi jangan lupa untuk selalu share info kesehatan ini melalui tombol di bawah ini.

Sumber: Disarikan dari berbagai sumber

About the Author

Write admin description here..

1 komentar:

  1. Ramuan PARU2 BASAH (peanemu.)
    Dengan tanaman pulutan ampuh keringkan cairan dalam paru. Sehingga sembuh total dalam 4bulan.silahkan pesan jamu godog dari tanaman Ampuhnya SMS 0896-7677-2251/0896-2080-0393.p'R.Djoko mulyono

    BalasHapus

© Maret 2014 Tanaman Obat. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.