Rabu, 24 September 2014

Daun Kelor (Maongghi), Khasiat dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Unknown   at  08.51  1 comment

Daun Kelor (Maongghi), Khasiat dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Tanaman Obat - Hai sobat semua, apakah sobat sudah tahu tentang Daun Kelor (Marongghi) dan Kandungan Nutrisinya? Nah kali ini akan dibahas mengenai Manfaat dan Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan. Tentunya ini akan menambah wawasan kita tentang obat herbal yang bisa kita dapatkan disekitar rumah kita.

Perlu sobat tahu bahwa orang tua kita sering kali menyarankan sering-seringlah makan kelor karena kelor sangat baik untuk kesehatan kita. Sehingga sejak zaman dahulu daun kelor dibuat bahan sayuran juga terkadang digunakan untuk mengatasi demam dan melancarkan air asi.



Beberapa literature yang ada, diketahui daun kelor memiliki khasiat sebagai antimikroba, antibakteri, antioksidan, mempercepat penyembuhan berbagai penyakit radang, mengobati penyakit flu dan pilek, cacingan, bronchitis, kanker, dan tiroid. Beberapa literature bahkan menyebutkan bahwa daun kelor ini memiliki khasiat juga untuk mengendalikan virus herpes simplek dan HIV/AIDS.

Berikut ini beberapa manfaat daun kelor sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit:

Reumatik dan Pegal Linu
Caranya dengan mengambil 2-3 gagang daun kelor, 1/2 sendok makan kapur sirih. Kedua bahan tersebut ditumbuk halus. Dipakai untuk obat gosok (param).

Kurap (herpes) dan luka bernanah
Caranya dengan menumbuk daun kelor dengan kapur, lalu balurkan hasil tumbukan tadi pada luka/kurap.

Cacingan
Caranya dengan mengambil 3 gagang daun kelor, 1 gagang daun cabai, 1-2 batang meniran. Semua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Airnya diminum setiap hari.


Sakit Kuning (Liver)
Caranya dengan mengambil 3-7 gagang daun kelor, 1 sendok makan madu dan 1 gelas air kelapa hijau. Daun kelor ditumbuk halus, diberi 1 gelas air kelapa dan disaring. Kemudian ditambah 1 sendok makan madu dan diaduk sampai merata. Diminum, dan dilakukan secara rutin sampai sembuh.


Susah Buang Air Kecil
Caranya dengan mengambil satu sendok sari daun kelor dan sari buah ketimun atau wortel yang telah diparut dalam jumlah yang sama. Bahan-bahan tersebut dicampur dan ditambah dengan 1 gelas air, kemudian disaring. Diminum setiap hari.

Alergi
Caranya dengan mengambil 1-3 gagang daun kelor, 1 siung bawang merah dan adas pulasari secukupnya. Semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, kemudian disaring. Diminum 2 kali sehari 1 gelas, pagi dan sore.

Obat Sakit Mata dan Rabun Ayam
Caranya: Tiga gagang daun kelor. Daun kelor ditumbuk halus, diberi 1 gelas air dan diaduk sampai merata. Kemudian didiamkan sejenak sampai ampasnya mengendap. Air ramuan tersebut digunakan sebagai obat tetes mata. Untuk Rabun Ayam maka ramuan dicampur dengan madu dan diaduk sampai merata. Laludiminum sekali sehari sebelum tidur.

Penghancur Batu Ginjal. 
Daun kelor dibuat sayur bening, dimakan rutin setiap hari selama kurang lebih satu bulan, batu ginjal akan luruh dan keluar bersama air kencing.

Menghilangkan Flek Wajah. 
Pilih beberapa lembar daun kelor yang masih muda, ditumbuk sehalus mungkin dan gunakan sebagai bedak atau dicampur dengan bedak.

***

Demikianlah info tanaman obat Daun Kelor (Maongghi), Khasiat dan Manfaatnya Bagi Kesehatan. Semoga info ini bermanfaat untuk Anda..

About the Author

Write admin description here..

1 komentar:

  1. Wah bagus ya
    untuk membantu bagi Anda yang ingin merasakan khasiat daun kelor namun sulit mendapatkannya di daerah Anda, kami jual kapsul moringa / kapsul kelor
    KLIK jual daun kelor

    Atau langsung 0813-80-262524 (Ryan) SMS/WhatsApp/Telegram/Line

    BalasHapus

© Maret 2014 Tanaman Obat. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.