Rabu, 10 September 2014

Bagaimana Cara Meramu Herbal Yang Benar?

Unknown   at  19.48  1 comment

Bagaimana Cara Meramu Herbal Yang Benar?

Mungkin tidak sedikit dari kita yang bertanya bagaimana sih cara meramu herbal yang benar? Berikut informasi yang Anda butuhkan mengenai cara tepat meramu herbal sehingga mendapatkan herbal yang memiliki khasiat sesuai dengan kandungan herbalnya.

Cara Meramu Herbal yang benar


Tanaman obat atau herbal sudah sejak dahulu kala digunakan sebagai ramuan jamu-jamuan dengan maksud untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Bentuk terapi menggunakan herbal merupakan terapi yang meamnfaatkan tanaman atau tumbuhan yang berkhasiat obat.

Pengobatan dengan herbal merupakan pengobatan yang alami sehingga tidak menimbulkan efek samping seperti pada obat-obatan kimia pada umumnya. Namun demikian pengobatan dengan herbal membutuhkan waktu yang relatif lama untuk kesembuhan suatu penyakit.

Untuk mendapatkan Ramuan Herbal yang benar maka ketepatan dosis dan aturan pemakaian sangat mutlaj dipatuhi untuk memaksimalkan khasiat tanaman atau tumbuhan yang digunakan dalam terapi herbal. Jika meramunya benar maka banyak penyakit yang dapat diatasi dengan ramuan herbal dari penyakit ringan hingga berat.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum meramu herbal, yaitu:

1. Pengetahuan tentang Tanaman Obat
Sebelum Anda membuat ramuan herbal, pengetahuan tentang bentuk fisik dan kegunaan suatu tanaman akan memudahkan Anda untuk mendapatkan tanaman itu.

2. Kualitas Bahan
Untuk kualitas bahan obat herbal, pilihlah tanaman yang tumbuh subur, tidak berulat, tidak busuk, dan layu. Jika menggunakan bahan kering (simplisia) pilihlah yang tidak berjamur.

3. Peralatan
Gunakanlah panci yang dilapisi email atau periuk yang terbuat dari tanah liat. Jangan gunakan panci yang tebuat dari bahan alumunium, kuningan atau besi. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari timbulnya endapan dan bereaksinya bahan tersebut dengan tanaman obat yang kita ramu.

4. Takaran
Pastikan takaran yang digunakan sesuai dengan resep ramuan yang dianjurkan. Hal ini agar hasil dari ramuab herbal yang dibuat menjadi efektif dan aman untuk digunakan.

5. Aturan Pakai
Ikutilah petunjuk aturan pakai sesuai dengan aturan pemakaian yang dianjurkan.

Demikianlah informasi seputar pengolahan tanaman obat : Bagaimana Cara Meramu Herbal Yang Benar?. Selanjutnya Anda bisa membaca informasi yang lainnya seputar Cara Merebus Tanaman Obat Herbal yang Benar.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda...

Sumber: Disarikan dari buku Ensiklopedia Tanaman Obat Indonesia

About the Author

Write admin description here..

1 komentar:

© Maret 2014 Tanaman Obat. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.