Minggu, 14 September 2014

Ternyata Tidak Semua Wanita Penderita Kista Ovarium itu Mandul

Unknown   at  08.44  No comments



Mandul akibat kista


Banyak wanita khawatir dengan kondisinya terutama bagi mereka yang sedang menderita Kista. Hal ini karena kista menjadi penyebab susahnya wanita untuk hamil dan memiliki keturunan. Namun apakah Anda tahu bahwa tidak semua wanita yang menderita kista ovarium itu mandul?

Menurut dr Irfan Mulyana Mustafa, SpOG, seorang dokter kandungan dari RSUD Leuwiliang Bogor dalam kesempatannya berbincang dengan detikHealth - Rabu (11/12/2013) - menyatakan bahwa wanita yang mandul akibat menderita kista itu memang banyak. Namun beliau menambahkan bahwa wanita yang mandul tersebut karena menderita jenis kista yang ganas bukan yang bisa diobati.

Demikian juga seperti yang diungkapkan oleh seorang dokter ahli penyakit dalam, dr Sita Ayu Arumi, SpOG. Bahwa tidak sedikit wanita penderita kista ternyata bisa hamil. Hal ini karena kehamilan bukan saja dilihat dari indung telurnya tapi juga cadangan sel telur yang ada pada wanita.



Wanita penderita kista akan mengalamai menurunnya cadangan sel telur. Jika penyakit kista dibiarkan terlalu lama tanpa diobati maka cadangan sel telur semakin sedikit dan lama-lama semakin habis. Untuk itulah jika wanita terkena kista maka segeralah diobati jangan dibiarkan begitu saja.

Begitu juga ketika kista diangkat maka ada sebagian indung telur yang diangkat. Atau ada jaringan yang sebagian rusak lalu harus diangkat. Fungsi ovulasi yang juga dipengaruhi siklus haid akan berubah setelah indung telur yang diangkat sebagian. Akibatnya tidak bisa menghasilkan hormon. Namun jika sebagian saja indung telurnya yang bermasalah ya masih ada peluang untuk hamil.

Yang perlu diingat adalah bahwa kehamilan tidak hanya karena menderita kista, namun masih ada faktor lain yang harus diikutsertakan. Dokter harus mengevaluasi, selama masih ada indung telur maka masih bisa lakukan program kehamilan misalnya lewat inseminasi atau bayi tabung.

Demikianlah artikel kami berjudul  Ternyata Tidak Semua Wanita Penderita Kista Ovarium itu Mandul yang tentunya akan menambah wawasan dan pengetahuan Anda tentang Kista. Baca artikel kami yang lain seputar kista yang tentunya tak kalah menariknya.

Semoga bermanfaat...

About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

© Maret 2014 Tanaman Obat. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.