Senin, 22 September 2014

Manfaat Daun Sambiloto Bagi Kesehatan

Unknown   at  07.36  2 comments

Manfaat Daun Sambiloto Bagi Kesehatan


Hai sobat Tanaman Obat, tahukah Anda tentang Sambiloto? Tumbuhan ini biasanya tumbuh liar di kebun, tepi sungai, atau pun di pekarang kita. Tapi tahukah sobat bahwa tanaman liar ini sebenarnya punya manfaat bagi kesehatan? Apa saja manfaatnya? Yuk kita simak ringkasannya berikut ini..

Tentang Tanaman Sambiloto
Sambiloto mempunyai bentuk dan ciri-ciri seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Manfaat Daun Sambiloto


Pernah melihatnya belum??hehehe

Sifat dan Kandungan Kimia

Daun sambiloto ini memiliki rasa pahit, dingin, masuk meridian paru, lambung, usus besar dan usus kecil. Anti-bakteri, antiradang, menghambat reaksi imunitas (imunosupresi), penghilang nyeri (analgesik), pereda demam (antiperik), menghilangkan panas dalam, menghilangkan lembap, penawar racun (detoksikasi), dan detumescent.

Daun dan percabangannya mengandung laktone yang terdiri dari deoksiandrografolid, andrografolid dan homoandrografolid, 14-deoksi-11, 12-didehidroandrografolid dan homoandrodrafolid. Juga terdapat flavonoid, alkane, aldehid, mineral (kalium, kalsium, natrium), asam kersik dan damar. Flavonoid diisolasi terbanyak dari akar, yaitu polimetoksiflavon, andrografin, panikulin, mono-0-metilwithin dan apigenin-7,4-dimetileter. Zat aktif andrografolid terbukti berkhasiat sebagai hepatoprotektor (melindungi sel hati dari zat toksik).

Efek Farmakologis dari Hasil Penelitian

Dari segi farmakologi, daun sambiloto mempunyai efek muskarinik pada pembuluh darah, efek pada jantung iskemik, efek pada resparasi sel, sifat kholeretik, antiinflamasi dan antibakteri.

Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan di dalam maupun di luar negeri, ditemukan bahwa terdapat kandungan zat aktif androgapholid yang sangat bermanfaat untuk pengobatan, di balik rasa pahit sambiloto ini.

Di Cina, sambiloto sudah di uji klinis dan terbukti berkhasiat sebagai anti hepapatoksik (anti penyakit hati). India juga sudah lama mengenal tanaman obat ini, bahkan sambiloto digunakan untuk memerangi epidemi flu di India pada tahun 1919 dan terbukti efektif sehingga sambiloto mendapat julukan the “Indian Echinacea”.

Di Skandinavia, sambiloto di gunakan untuk mengatasi penyakit-penyakit infeksi. Sedangkan di Jepang, sedang di jajaki kemungkinan untuk memakai sambiloto sebagai obat HIV.
Dalam buku “Sambiloto Budi Daya dan Pemanfaatan untuk Obat” yang ditulis Ir WP Winarto Tim Karyasari disebutkan, ekstrak sambiloto telah dipatenkan sebagai anti-HIV pada 13 Desember 1996 oleh Praselsian Inc bekerja sama dengan Bastyr University dan dipasarkan dengan nama dagang Andro Vir.

Pemanfaatan Khasiat Daun Sambiloto

Daun sambiloto sangat kaya manfaat, berikut beberapa contoh resep daun sambiloto untuk indikasi beberapa penyakit :
  • TB paru
Siapkan daun sambiloto kering, kemudian giling hingga menjadi bubuk, beri madu secukupnya, kemudian buat pil dengan diameter 0,5 cm. Minum pil sebanyak 15-30 biji 2-3 kali sehari
  • Kencing Nanah
Ambil 3 tangkai sambiloto utuh, cuci bersih, rebus dengan 4 gelas air hingga menjadi 2 ¼ gelas. Setelah dingin campur dengan madu, minum ¾ gelas 3 kali sehari.
  • Tifoid
Ambil 10-15 lembar daun sambiloto segar, rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring tambahkan madu, minum 3 kali sehari.
  • Disentri basiler, Diare, Radang saluran napas
Siapkan 9-15 gram daun sambiloto kering, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, saring, minum ½, 2 kali sehari.
  • Radang paru, radang mulut, tonsilitis
Tumbuk daun sambiloto kering, ambil 3-4,5 gr, seduh dengan dengan air panas, tambahkan madu, kemudian minum sekaligus.
  • Kencing manis
Ambil ½ genggam daun sambiloto segar, cuci bersih, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 ½ gelas, saring, minum ¾ gelas, 3 kali sehari.
Dan masih banyak lagi indikasi-indikasi penyakit dari pemanfaatan daun sambiloto ini. Ingin lebih praktisnya, Anda bisa konsumsi dalam produk kapsul herbalnya. 

Demikianlah informasi tentang Manfaat Daun Sambiloto Bagi Kesehatan. Semoga informasi ini bermnafaat...

Sumber: www.bekamherbal.com

****
Mau LEBIH PRAKTIS? Kami Menyediakan Ramuan Herbal
Bubuk Ekstrak KUNYIT PUTIH SPESIAL
Tinggal seduh layaknya minum Teh yang terbuat dari Bahan Alami 100%
Kunyit Putih, Sambiloto, Brotowali dan Rempah Lainnya
 SANGAT BERKHASIAT UNTUK KESEHATAN dan 
MENYEMBUHKAN BERBAGAI MACAM PENYAKIT
Pemesanan Hubungi 085233753438

 

About the Author

Write admin description here..

2 komentar:

  1. Yang butuh bibit tanaman Sambiloto dan kumis kucing bisa hubungi kami di chasiapro@gmail.com atau 082136712513 Siap kirim ke seluruh Indonesia @Trims Prabowo JOgja

    BalasHapus
  2. daun sambiloto sudah dikenal luas di tengah masyarakat sebagai tanaman obat berkhasiat tinggi.
    ciri ciri kanker serviks

    BalasHapus

© Maret 2014 Tanaman Obat. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.