Rabu, 10 September 2014

Cabe Jawa dan Khasiatnya untuk Kesehatan

Unknown   at  21.03  No comments

Cabe Jawa dan Khasiatnya untuk Kesehatan

Tanaman Obat - Cabe Jawa merupakan tanaman merambat seperti sirih yang memiliki dua nama latin, yaitu PipernRetrofractum Vahl atau Piper Longum L. Tumbuhan Cabe Jawa ini termasuk ke dalam famili tumbuhan Piperaceae. Di beberapa daerah, Cabe Jawa memiliki namanya sendiri semisal Cabbi Solak atau Cabbi Jhemuh (Madura), Cabia (Sulawesi).



Cabai jamu dapat tumbuh di lahan ketinggian 0-600 meter di atas permukaan laut (dpl), dengan curah hujan rata-rata 1.259-2.500 mm/tahun. Tanah lempung berpasir, dengan struktur tanah gembur dan berdrainase baik, merupakan lahan yang cocok untuk budidaya cabai jamu. Tanaman itu memiliki keunggulan dapat tumbuh di lahan kering berbatu. Keberadaan tanggul batu di pematang tegalan dapat dijadikan media merambatnya cabai jamu secara alami.

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan :     Plantae
Divisi      :     Magnoliophyta
Kelas      :     Magnoliopsida
Ordo       :     Piperales
Famili     :     Piperaceae
Genus     :     Piper
Spesies   :     P. retrofractum
 
Nama binomial
Piper retrofractum Vahl.

Deskripsi Cabe Jawa

Bentuk tanamannya seperti sirih, merambat, memanjat, membelit, dan melata. Daunnya berbentuk bulat telur sampai lonjong, pangkal daun berbentuk jantung atau membulat, ujung daun runcing dengan bintik-bintik kelenjar.

Buahnya majemuk bulir, bentuknya bulat panjang atau silindris, dan ujungnya mengecil. Buah yang belum tua berwarna kelabu, kemudian menjadi hijau, selanjutnya kuning, merah, serta lunak. Rasanya pedas dan tajam aromatis


Sifat Kimia Cabe Jawa

Tumbuhan Cabe Jawa kaya akan kandungan zat kimia yang sudah diketahui, diantaranya:
Buah : Zat pedas piperine, minyak menguap, alpha amirin, fenenol, dehydromatricaria ester, cineole, terpinen-4, 1-beta caryyophylene, 1-quebrachitol.

Akar dan Batang : Mengandung inulin yang terdiri dari artemose, cabang kecil mengandung oxytocin, yomogi alkohol, dan ridentin.

Efek Farmakologis

Dalam farmakologi Cina disebutkan bahwa tanaman herbal ini memiliki sifat:
Buah : Rasa Pedas, panas. Masuk ke dalam meridian limfa, lambung. Dapat menghilangkan dingin, dan rasa sakit

Akar: Pedas, hangat

Bagian Tanaman Yang Digunakan
Efek farmakologis ini diperoleh dari penggunaan bagian tanaman, berupa buah dan akar.


Demikian informasi seputar Cabe Jawa dan Khasiatnya untuk Kesehatan. Anda bisa membaca artikel kami yang lain seputar Cabe Jawa yaitu: Manfaat dan Khasiat Cabe Jawa untuk Kesehatan

Semoga bermanfaat..






About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

© Maret 2014 Tanaman Obat. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.